8 Skill Umum Yang Diperlukan Pada Bisnis Internet

10 Mar 2012

Jika sebelumnya kita sudah membahas hal-hal yang dipersiapkan sebelum memulai bisnis internet, kali ini kita akan ngobrol mengenai skill atau keahlian umum yang sebaiknya dikuasai jika kita ingin serius menjadi pebisnis internet. Saya sangat menyarankan Anda untuk menguasai skill-skill ini, tidak peduli jenis bisnis internet apa yang Anda jalankan, karena mereka sangat mampu untuk mendukung kesuksesan bisnis internet Anda. Mau tahu apa saja skill yang saya maksud?

1. Kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet. Ini adalah kemampuan dasar yang hukumnya wajib untuk dikuasai. Mulai dari sekedar menggunakan program perambah web, membuat dan mengirim email, menggunakan messenger, menggunakan teks editor, dan sebagainya. Yang bersifat umum deh pokoknya.
2. Kemampuan berbahasa Inggris. Bagi saya ini juga merupakan basic skill yang sebaiknya dikuasai. Tidak perlu sampai harus bisa ngobrol dengan bule segala, at least, kalau disuruh daftar ke sebuah program luar, gak bingung cara ngisi form pendaftarannya. Salah satu sarana belajar bahasa Inggris yang saya rekomendasikan adalah di sini.
3. Kemampuan menulis atau copywriting. Sebagian besar bisnis internet akan bersinggungan dengan skill ini. Monetisasi blog (terutama paid review), affiliate marketing, digital product creation, dan sebagainya. Sebuah investasi yang berharga deh pokoknya.
4. Kemampuan berkomunikasi, baik verbal maupun lisan. Meskipun yang kita hadapi langsung adalah sebuah kotak layar monitor, namun bukan berarti kita tidak berhubungan sama sekali dengan sesama manusia. Bahkan blog monetizing pun ada kalanya menuntut kita untuk mampu berkomunikasi dengan baik.
5. Kemampuan pemasaran atau marketing. Well, namanya aja sudah bisnis internet, ya sudah pasti gak jauh-jauh dari urusan promosi dan pemasaran. Dengan menguasai marketing skill, Anda bisa lebih memahami konsumen Anda dan tahu cara untuk mengembangkan produk dan diri Anda. Dan FYI, ini tidak terbatas pada affliate marketing saja, pada monetisasi blog pun kita bisa menerapkan tehnik-tehnik pemasaran. Well talk about this in detail next time.
6. Kemampuan desain grafis. Tidak mutlak, tapi akan sangat membantu Anda. Setidaknya, Anda tahu cara untuk membuat banner atau header sederhana.
7. Kemampuan membuat web. Baik menggunakan CMS atau membangun sendiri secara manual, skill ini merupakan salah satu investasi yang berharga. Tentu saja mencakup penguasaan terhadap bahasa HTML, CSS, dan sejenisnya ya. Kenapa? Karena setidaknya jika ada hal-hal kecil yang ingin Anda lakukan terhadap situs Anda, Anda tidak perlu lagi menyewa jasa orang lain untuk melakukannya. Hemat biaya, hemat waktu. Anda bisa belajar mengenai hal ini melalui salah satu produk, Panduan Dasar Membuat Website *promosi*
8. Kemampuan SEO. Bukan karena saya menjual produk mengenai SEO, namun penguasaan mengenai tehnik-tehnik SEO merupakan sebuah modal berharga yang akan sangat berguna apabila bisnis internet yang Anda lakukan banyak berhubungan dengan situs web. Sama seperti kemampuan membuat web, Anda juga dapat menghemat banyak biaya dengan meng-DIY-kan proses optimasi mesin pencari terhadap situs Anda.

Silahkan jika ada komentar atau ada yang mau menambahkan


TAGS internet marketing


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive